MAKANAN ATAU MINUMAN YANG HARUS DIHINDARI OLEH IBU HAMIL 

Sebagai seorang ibu hamil, harus mengetahui banyak hal penting untuk menjaga kesehatan bayi. Dimana banyak aspek yang perlu dijaga agar bayi dapat ternutrisi dengan baik. Salah satunya yaitu makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu sangat berpengaruh pada perkembangan janin dan kesehatannya. Apabila salah makan akan sangat berakibat pada kesehatan sang ibu dan juga bayi. Dengan asupan nutrisi yang terpenuhi ketika mengandung, juga akan berpengaruh pada pertumbuhan sang anak nanti. Selain bahan makanan dan minuman, cara pengolahannya pun harus diperhatikan. 

MAKANAN ATAU MINUMAN YANG HARUS DIHINDARI OLEH IBU HAMIL 

Jenis-Jenis Makanan Dan Minuman Ini Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Sebagai seorang ibu, pasti akan memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Bahkan dari awal mengandung pasti seorang ibu akan menjaga dan melakukan yang terbaik untuk merawat janin yang ada dalam kandungannya. Salah satunya pilihan makanan serta minuman yang memiliki nutrisi dan gizi yang cukup. Dimana hal itu sangat berpengaruh untuk kecerdasan dan tumbuh kembang anak. Untuk itu pasti ada makanan dan minuman yang menjadi pantangan ibu hamil. Apa saja? Berikut ini diantaranya :

  • Makanan mentah dan setengah matang 

Sebagai seorang ibu hamil harus memastikan makanan yang dikonsumsi memiliki kematangan yang sempurna. Dimana makanan yang setengah matang atau masih mentah harus dihindari. Yang mana makanan-makanan seperti itu masih dapat tercemar bakteri. Dengan bakteri-bakteri itu apabila dikonsumsi akan mengganggu kesehatan janin. Dan juga dapat berakibat fatal seperti keguguran. Untuk itu hindari makanan-makanan setengah matang atau mentah.

  • Seafood

Seperti yang kita tahu, seafood memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk anak. Namun, seorang ibu hamil harus menghindari seafood terlebih dahulu. Karena seafood berpotensi mengandung merkuri akibat limbah. Sehingga dapat merusak sistem otak pada bayi. Akan tetapi, bukan berarti ibu hamil tidak boleh sama sekali memakan seafood. Ibu hamil tetap disarankan untuk memakan seafood seperti ikan hiu, kepiting, dan king mackerel. 

  • Kafein 

Berikutnya, ibu hamil perlu untuk menghindari minuman-minuman yang mengandung kafein. Dimana kandungan kafein apabila dikonsumsi akan menyebabkan ibu hamil sulit untuk beristirahat. Sehingga mengakibatkannya merasa cemas atau bahkan hingga stres. Kandungan kafein juga akan sangat berbahaya karena dapat menembus plasenta. Dimana apabila kafein menembus plasenta dapat mempengaruhi pernapasan dan detak jantung sang janin.

  • Alkohol

Ibu hamil harus benar-benar tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Kandungan alkohol ini dapat menyebabkan cacat kongenital. Bahkan kelainan jantung dan juga retardasi mental. Semua jenis alkohol dapat menjadi racun pada bayi. Sehingga harus menghindari minuman bahkan dengan kandungan alkohol yang sedikit. 

  • Sushi 

Makanan khas Jepang ini harus dihindari terlebih dahulu oleh ibu hamil. Makanan berbahan dasar mentah ini masuk ke dalam daftar makanan yang menjadi pantangan ibu hamil. 

  • Hati hewan

Hati hewan menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Dimana jeroan seperti hati ayam mengandung tinggi vitamin A. Sehingga dengan begitu tingginya kandungan vitamin A juga tidak baik pada kesehatan janin. Jadi, harus betul-betul membatasi konsumsi makanan ini ketika hamil. Meskipun vitamin A memang dibutuhkan, namun tetap dalam takaran dan jumlah yang tepat. 

  • Makanan cepat saji

Makanan cepat saji ini mengandung lemak trans yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Seperti obesitas, terlalu besarnya ukuran janin, penyakit jantung, dan prematur. Sehingga bagi ibu hamil harus menghindari makanan cepat saji atau fast food.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman pantangan ibu hamil. 

Author: berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *