CARA MERAWAT BONEKA DENGAN BENAR

CARA MERAWAT BONEKA DENGAN BENAR

Boneka merupakan mainan yang memiliki nilai sentimental tersendiri. Bahkan biasanya boneka tersebut merupakan mainan sejak kecil dan terus dijaga hingga dewasa. Untuk itu kita harus pandai dalam merawatnya agar tidak rusak. Walaupun tidak terlihat kotor, boneka juga perlu selalu dibersihkan. Apalagi jika boneka tersebut dari bulu-bulu dan bahan yang mudah menyimpan debu. Untuk itu boneka harus dirawat dan dijaga kebersihannya dengan benar. Selain akan menjadikan boneka kotor, debu juga bisa mengganggu kesehatan. Sehingga untuk menjaga kebersihan dan menghindari kerusakan boneka, sebaiknya cuci minimal seminggu sekali. 

Jika boneka yang anda miliki bisa tahan lama dan tidak mudah rusak namun anda bingung dalam menjaganya. Berikut ini ada beberapa tips merawat boneka yang bisa anda lakukan, adapun diantaranya yaitu:

  • Cek label yang tertera pada boneka

Selalu periksa label yang tertera pada boneka, label tersebut biasanya menandakan merek. Bahkan juga memberikan informasi mengenai bahan yang digunakan dalam pembuatan boneka tersebut. Dan juga biasanya menampilkan petunjuk perawatan boneka yang disarankan. Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah boneka tersebut aman dicuci dengan mesin cuci ataupun tidak. Dengan semua petunjuk itulah akan membantu anda untuk merawat boneka kesayangan anda dengan baik.

  • Pastikan tidak ada bagian yang sobek

Sebelum mencuci, sebaiknya periksa terlebih dahulu seluruh bagian boneka tersebut. Pastikan tidak ada robekan ataupun jahitan yang terlepas. Karena jika ada bagian yang robek maka akan membuat isi boneka keluar ataupun sobek akan semakin lebar. Untuk itu cek terlebih dahulu, jika ada bagian yang sobek sebaiknya jahitlah terlebih dahulu sebelum mencucinya. 

  • Jangan cuci boneka dengan pakaian lain

Cucilah boneka dengan cara terpisah dan hindari pencucian bersamaan dengan pakaian lainnya. Sebab bulu-bulu halus pada boneka akan menempel pada pakaian apabila dicuci dengan mesin cuci. Bahkan juga akan berpotensi kelunturan warna dari pakaian tersebut. 

  • Hindari mengeringkan dengan mesin pengering

Sebaiknya hindari penggunaan mesin pengering untuk mengeringkan boneka. Sebab mesin pengering biasanya memiliki hawa yang lebih panas. Sedangkan beberapa jenis boneka terbuat dari bahan sintetis yang bisa rusak akibat panas. 

  • Gunakan deterjen lembut

Ketika mencuci boneka, sebaiknya gunakan detergen yang lembut. Hal ini untuk menghindari warna boneka agar tak cepat pudar. Dengan cara ini maka warna boneka akan lebih terjaga dan lebih tahan lama. 

  • Keringkan dengan cara diangin-anginkan

Setelah proses mencuci selesai, keringkan sesuai dengan instruksi label perawatan yang melekat. Hindari penjemuran boneka di bawah panas sinar matahari langsung. Cara terbaik untuk mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan hingga kering. Hal ini akan membuat boneka kering dan terbebas dari bau apek yang mengganggu. 

  • Rapikan bulu-bulu boneka

Setelah boneka kering, sisirlah bulu-bulu halus pada boneka agar tidak kusut dan menggumpal. Gunakan sisir yang bersela-sela, hal ini untuk menghindari kerusakan dan kerontokan pada bulu-bulu pada boneka.

  • Bungkus dan berikan silikon gel

Ketika anda ingin menyimpan boneka tersebut dan biar tetap aman. Maka memasukkan boneka ke dalam plastik dan tambahkan dengan silikon gel. Cara ini akan membuat boneka agar tetap kering dan terlindungi dari debu.

Nah itulah beberapa cara yang sangat efektif untuk menjaga boneka agar tetap awet. Beberapa cara tersebut sangat mudah untuk anda lakukan di rumah. Lakukan cara tersebut dengan benar untuk menjaga boneka kesayangan anda agar awet dan pastinya bersih. 

Author: berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *